Kamis, 02 September 2010

Tips Kesehatan: Mengatasi Kulit Sensitif

Ini pengalaman yang saya dapatkan lewat pengamatan langsung atas diri ibu saya. Ibu saya selain menderita lemah jantung, pengapuran di daerah leher, juga memiliki kulit yang sensitif. Bila keseringan terkena air saja kulit kaki maupun tangan ibu saya bisa langsung jadi kasar dan seperti mengelupas. Tidak jarang kemudian lecet dan terluka. Kadang kala lecet dan luka seperti ini jika parah bisa bernanah. Kata ibu saya, kulit tangan dan kakinya tersebut sudah dari jaman kecil seperti itu.

Saya pernah mengantar beliau ke rumah sakit untuk keperluan pengobatan penyakit kulitnya ini. Memang setelah diperiksa dan dikasih obat oleh dokter kulit ibu saya jadi lebih baik. Namun ketika obat atau salep yang diberikan telah habis kulit ibu saya kembali seperti semula. Ketergantungan terhadap obat akhirnya membuat ibu saya menyerah dan mengambil alternatif lain.

Untuk keperluan cuci tangan dan mandi ibu saya menemukan cara yang paling efektif agar kulitnya tidak kasar dan mengelupas lagi. Walaupun cara ini tidak menghilangkan sisi sensitif dari kulit ibu saya, namun setidaknya cara ini mempu untuk mengatasi dan mencegah terjadinya hal yang lebih parah.

Cukup sederhana saja. Karena sering kali dengan menggunakan sabun cuci atau sabun mandi biasa yang lumayan memiliki sisi “kimia” yang keras, maka alternatifnya adalah dengan mencari atau menggunakan sabun untuk keperluan cuci maupun mandi yang memiliki sifat “lembut”. Sabun tersebut dapat ditemukan secara mudah di toko-toko, dan tidak perlu repot-repot mencarinya. Apakah sabun yang lembut ini? Sabun ini adalah sabun bayi.

Bayi sudah diketahui memiliki kulit yang lembut dan sensitif demikian sehingga bayi memerlukan treatment atau perlakuan yang berbeda dengan orang dewasa. Mulai dari sabun, shampo dan sebagainya, haruslah menggunakan jenis yang lembut dan cocok untuk bayi. Nah, sifat inilah yang dipergunakan untuk mengatasi kulit yang sensitif. Hasilnya cukup memuaskan.

Seorang teman yang memiliki kulit seperti ini pernah saya berikan sabun bayi dan saya anjurkan untuk mencobanya. Hasilnya adalah ucapan terima kasih karena anjuran atau saran saya tersebut yang mengandung arti bahwa resep sabun mandi saya tersebut manjur kepadanya. Dia juga sempat menunjukkan hasil dari anjuran saya tersebut

Ringkasan Mengatasi Kulit Sensitif:
Gunakan sabun bayi untuk keperluan cuci mencuci tangan kaki dan mandi.

Semoga bermanfaat
Salam Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar